Categories
News

BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Pelaku UKM

B a d a n Penyelenggara Jaminan S o s i a l ( B P J S ) Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Perkumpulan Usaha Kecil Menengah d a n I n d u s t r i K e c i l Menengah Nusantara (UKM IKM) dalam rangka melindungi pelaku UKM. Kerja sama ini tert u a n g d a l a m N o t a Kesepahaman yang ditand a t a n g a n i D i r e k t u r K e p e s e r t a a n B P J S Ketenagakerjaan, Endah Ilyas Lubis, dan Ketua UKM IKM Nusantara, Candra Manggih Rahayu, di Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (4/8). Nota kesepahaman itu b e r i s i b a h w a B P J S Ketenagakerjaan melindungi pelaku usaha UKM IKM yang tergabung dalam Perkumpulan UKM IKM Nusantara.

Acara penandatangan itu disaksikan Menteri Sosial, Idrus Marham. Endah mengatakan, UKM IKM Nusantara ini sudah terbentuk di 24 Provinsi di Indonesia dengan jumlah anggota saat ini kurang lebih 23.400 UKM IKM. “25% dari jumlah ini sudah mendapat perlind u n g a n d a r i B P J S Ketenagakerjaan,” kata Candra. Endah Ilyas Lubis mengatakan, pihaknya selalu hadir dalam memberikan perlindungan bagi setiap insan pekerja, juga para pelaku usaha kecil menengah yang sebenarnya telah menjadi pioner dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. “Para pengusaha kecil dan menengah ini nantinya akan dilindungi BPJS Ketenagakerjaan pada sektor pekerja bukan penerima upah,” kata dia.

Tiga Masalah Pokok Candra mengatakan, ada tiga masalah pokok yang dihadapi pelaku UKM saat ini, yakni kurangnya permodalan, sumber daya manusia yang kurang memadai sehingga produksi kurang bagus, serta akses pemasaran kurang. Untuk itu, ia membutuh keterlibatan semua pihak untuk membantu UKM. “Untuk permodalalan saat ini UKM mendapat bantuan KUR dari Kementerian Koperasi dan UKM, bantuan dana dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB),” kata dia. Ia mengatakan, setiap pelaku UKM harus mampu berjuang sendiri seperti memberdayakan diri sendiri, meningkatkan kemampuan diri serta berjuang mencari pasar. Idrus Marham dalam sambutannya meminta pelaku UKM agar tidak cengeng dan suka mengharapkan bantuan pemerintah. “Harus mampu berdiri di atas kaki sendiri. Jangan cengeng,” kata dia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *